Rabu, 25 Juli 2012

Pengertian dan Definisi HIV


HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. HIV adalah nama virus yang menyebabkan AIDS. Jadi bisa dibilang bahwa HIV adalah penyebab dan AIDS adalah akibatnya. Salah satu penularan HIV adalah melalui hubungan seksual. Namun saat ini yang menjadi penyebab penularan HIV adalah melalui jarum suntik pecandu heroin yang digunakan secara bebas bergantian. 

Berikut ini adalah pengertian dan definisi HIV:

CHRIS BROOKER
HIV adalah retrovirus, yang berarti bahwa virus ini mengandung RNA yang membentuk salinan DN A virus 
RNA tersebut, dengan enzim reverse transcripttase.

MITCHEL, KUMAR, ABBAS & FAUSTO
HIV merupakan retrovirus sitopatik nontransforming yang menimbulkan imunodefisiensi lewat destruksi sel - sel T yang menjadi target

LYDIA HARLINA MARTONO & SATYA JOEWAANA
HIV adalah kependekan dari Human Immunodeficiency Virus. Artinya virus yang hanya dapat menginfeksi manusia, memperbanyak diri dalam sel manusia, sehingga menurunkan kekebalan manusia terhadap penyakit infeksi

TAN HOAN TJAY & KIRANA RAHARDJA
HIV adalah virus RNA yang termasuk kelompok retrovirus

AHMAD SHAMS MADYAN
HIV adalah virus yang menyerang manusia, sedangkan AIDS adalah sebutan bagi tahap akhir dari infeksi HIV

IDA BAGUS GDE MANUABA
HIV merupakan penyakit yang diibaratkan gunung es, dimana pangkalnya jauh lebih besar dari ujungnya yang tampak pada permukaan

KOMKAT KWI
HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini secara pelan - pelan mengurangi kekebalan tubuh manusia

GERI MORGAN & CAROLE HAMILTON
HIV merupakan retrovirus yang menurunkan kemampuan sistem imun. Sekali terjangkit, HIV menghasilkan suatu spektrum penyakit yang akan berkembang dalam kebanyakan kasus, mulai dari laten yang bersifat klinis atau status asimtomatik sampai kondisi AIDS, ditandai dengan hitung sel CD4<200 atau adanya infeksi oportinistik, tanpa memerhatikan hitung sel CD4

Pada bulan Juli 1981, New York Times melaporkan suatu kejadian yang langka bentuk kanker di kalangan laki-laki gay di New York dan California, pertama disebut sebagai "gay kanker"; tetapi medis yang dikenal sebagai Kaposi Sarcoma. Tentang waktu yang sama, Kamar Darurat di New York City mulai melihat anguh tampaknya laki-laki muda sehat dengan presentasi fevers, seperti gejala flu, dan radang paru-paru yang disebut Pneumocystis. Tentang satu tahun kemudian, pada CDC (Pusat Pengendalian) link terhadap penyakit darah dan uang logam istilah AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Pada tahun pertama lebih dari 1.600 kasus yang didiagnosis dengan hampir 700 kematian.

Karena jumlah kematian soared, ahli medis goreng untuk menemukan lebih penting dan menyebabkan penyembuhan. Pada 1984, Institut Pasteur dari Prancis menemukan apa yang disebut mereka tertular virus HIV, tetapi tidak sampai satu tahun kemudian AS ilmuwan, Dr Robert Gallo dikonfirmasi bahwa HIV adalah penyebab AIDS.

Setelah penemuan ini, pertama tes HIV disetujui pada 1985. Selama beberapa tahun obat untuk memerangi virus dikembangkan serta obat-obatan untuk mencegah infeksi yang berkembang saat sistem kekebalan tubuh rusak akibat HIV dan AIDS. Hingga akhir 1987, terdapat 71.000 kasus AIDS dikonfirmasi, mengakibatkan lebih dari 40.000 kematian.

Jadi di mana kita akan hari ini? Terima kasih kepada yang pernah berubah-deret baru obat anti-retroviral dan peningkatan dana awal untuk perawatan medis, kematian terkait AIDS di Amerika Serikat menurun. Orang yang sehat dan hidup lagi. Namun, di belahan dunia lainnya, epidemi AIDS di rages. Beberapa memperkirakan bahwa 40 persen dari orang di sub-wilayah Sahara Afrika yang terinfeksi HIV. Banyak dari orang-orang ini tidak menyadari bahwa mereka yang terinfeksi, sehingga dalam infeksi lain, untuk menambahkan penyebaran penyakit. Lain pengingat suram dari epidemi adalah Afrika jumlah anak-anak yatim piatu oleh AIDS. Jalan buntu adalah dengan anak-anak yang kehilangan orang tua untuk AIDS, tidak memiliki makanan, dan tidak ada tempat untuk pergi. Dan dengan uang yang tersedia tidak mahal untuk obat-obatan HIV, epidemi diharapkan untuk mendapatkan jauh lebih buruk, dengan perkiraan 20000000 terinfeksi lebih dari 5 tahun berikutnya. 

HIV di seluruh dunia

Siapapun bisa memiliki foreseen bahwa penyakit misterius mempengaruhi beberapa gay laki-laki pada tahun 1981, akan menjadi epidemi dari 20. abad? Kami telah mencapai banyak kemajuan, tetapi masih banyak perlu dipelajari. Hingga kemudian epidemi terus.

Human immunodeficiency virus (HIV) menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh, menghancurkan atau merusak fungsi kekebalan tubuh. “Infeksi virus dengan hasil kerusakan progresif dalam sistem kekebalan tubuh, mengarah ke “immune deficiency” (kekebalan tubuh yang kurang baik). Sistem kekebalan dianggap kurang baik ketika sistem kekebalan tubuh tidak dapat lagi memenuhi fungsinya memerangi infeksi dan penyakit. Infeksi yang berkaitan dengan defisiensi kekebalan yang parah yang dikenal sebagai “infeksi oportunistik,” karena mereka mengambil keuntungan dari sistem kekebalan tubuh melemah.

Bagaimana HIV ditularkan?
HIV dapat ditularkan melalui hubungan seksual tanpa kondom (vagina atau dubur), dan seks oral dengan orang yang terinfeksi, transfusi darah yang terkontaminasi; dan berbagi jarum suntik terkontaminasi, jarum suntik atau alat tajam lainnya. Hal ini juga dapat ditularkan antara ibu dan bayinya selama kehamilan, persalinan dan menyusui.
Seberapa cepat seseorang yang terinfeksi HIV berkembang menjadi AIDS?
Panjang waktu dapat sangat bervariasi antara individu. Waktu yang tidak diobati, sebagian besar orang yang terinfeksi HIV akan mengembangkan tanda-tanda yang berhubungan dengan penyakit HIV dalam waktu 5-10 tahun. Namun, waktu antara infeksi HIV dan diagnosis AIDS dapat berkisar antara 10-15 tahun, kadang-kadang lebih lama. Antiretroviral therapy (ART) dapat memperlambat perkembangan penyakit dengan mengurangi beban orang terinfeksi virus tersebut.
Apakah ancaman terbesar kehidupan infeksi oportunistik yang paling mempengaruhi orang yang hidup dengan HIV / AIDS?
Tuberkulosis (TBC) membunuh hampir seperempat juta orang yang hidup dengan HIV setiap tahun. Ini adalah nomor satu penyebab kematian di antara orang yang terinfeksi HIV di Afrika, dan merupakan penyebab utama kematian populasi di seluruh dunia. Perawatan kesehatan strategi tiga inti sangat penting untuk membalikkan program HIV / TB:
·        Mengintensifkan penemuan kasus (intensified case finding/ICF) untuk TB aktif
·        Pengobatan pencegahan isoniazid (isoniazid preventive treatment/IPT)
·        Pengendalian infeksi TB (infection control/IC).
Berapa banyak orang yang hidup dengan HIV?
Menurut estimasi oleh WHO dan UNAIDS, 33.400.000 orang yang hidup dengan HIV pada akhir tahun 2008. Pada tahun yang sama, sekitar 2.700.000 orang menjadi yang baru terinfeksi, dan 2,0 juta meninggal karena AIDS, termasuk 280.000 anak-anak. Dua pertiga dari infeksi HIV ditemukan di sub-Sahara Afrika.
Bagaimana bisa saya membatasi risiko penularan HIV saya melalui seks?
·        Gunakan kondom laki-laki atau perempuan dengan benar setiap kali Anda berhubungan seks.
·        Praktik seks hanya non-penetrasi.
·        Tetap setia dalam hubungan dengan pasangan yang tidak terinfeksi, juga setia dalam tanpa perilaku berisiko lainnya.
·        Menjauhkan diri dari seks, terutama seks bebas.
Apakah sunat laki-laki mencegah penularan HIV?
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sunat laki-laki dapat mengurangi risiko tertular HIV walaupun seks. Namun, tidak 100% efektif, sehigga laki-laki disunat masih bisa menjadi terinfeksi. Sunat benar-benar dapat meningkatkan risiko penularan jika luka belum sembuh benar setelah operasi. Selain itu, laki-laki HIV-positif yang disunat dapat menginfeksi pasangan seksualnya.
Sementara sunat laki-laki bukanlah pengganti metode lain yang dikenal pencegahan HIV, harus dipertimbangkan sebagai bagian dari strategi pencegahan yang komprehensif.
Seberapa efektifkah kondom dalam mencegah HIV?
kondom adalah satu-satunya produk yang saat ini tersedia sebagai pelindung terhadap infeksi menular seksual (IMS), termasuk HIV. Ketika digunakan dengan benar pada setiap hubungan seksual, kondom merupakan alat yang terbukti untuk mencegah infeksi HIV pada perempuan dan laki-laki. Namun, beberapa dari pantangan yang perlu diingat bahwa tidak ada metode perlindungan yang 100% efektif.
Apa manfaat dari tes HIV?
Mengetahui status HIV dapat memiliki dua manfaat penting:
·        Jika Anda mengetahui bahwa Anda HIV positif, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan sebelum gejala muncul untuk mengakses pengobatan, perawatan dan dukungan, sehingga berpotensi memperpanjang hidup Anda selama bertahun-tahun.
·        Jika Anda tahu bahwa Anda terinfeksi, Anda dapat mengambil tindakan untuk mencegah penyebaran HIV kepada orang lain.
Apakah obat antiretroviral?
Obat antiretroviral digunakan dalam pengobatan dan pencegahan infeksi HIV. Obat ini bekerja untuk melawan HIV dengan menghentikan atau mengganggu dengan reproduksi virus dalam tubuh.
Bagaimana status terkini mengenai pengobatan antiretroviral (ART)?
Sekitar 5.200.000 orang di negara terbelakang dan negara-negara berkembang yang menerima terapi antiretroviral HIV pada akhir tahun 2009. Sampai dengan tahun 2003, biaya obat-obatan tinggi, infrastruktur perawatan kesehatan yang lemah atau tidak memadai, dan kurangnya sumber pembiayaan menghalangi penggunaan luas kombinasi ART di negara terbelakang dan negara-negara berkembang. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan komitmen politis dan keuangan telah memungkinkan dramatis perluasan akses terhadap terapi HIV.
Apakah ada obat untuk HIV?
Tidak, tidak ada obat untuk HIV. Tetapi dengan dan terus patuh terhadap pengobatan antiretroviral, perkembangan HIV dalam tubuh dapat diperlambat.
apakah perawatan lain untuk orang yang hidup dengan HIV perlu?
Selain ART, orang yang hidup dengan HIV membutuhkan dukungan konseling dan psikososial. Akses ke gizi yang baik, air bersih dan kebersihan dasar juga dapat membantu orang yang terinfeksi HIV mempertahankan kualitas hidup yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar